Selasa, 23 Juni 2015

Explore South of Borneo..

Assaamualikum.wr.wb

Disini saya akan menjelaskan dan mendeskripsikan tentang asal daerah saya. Saya berasal dari daerah Kalimantan Selatan, tepatnya di Kota Banjarmasin. Kota Banjarmasin sendiri sering diistilahkan sebagai kota "Seribu Sungai". Kenapa dibilang kota seribu sungai
karena di kota Banjarmasin sendiri dikelilingi oleh banyak sungai-sungai kecil dan sungai terbesarnya disebut sungai martapura.

Provinsi Kalimantan Selatan terletak di selatan pulau kalimantan, sebelah barat dengan provinsi Kalimantan Tengah, sebelah timur dari selat makassar, sebelah selatan dengan laut jawa, dan sebelah utara dari provinsi Kalimantan Utara.

PROVINSI KALIMANTAN SELATAN


Sosial dan budaya di kota saya sangatlah kental dengan dasar kekeluargaan dan kekerabatannya. Didaerah Banjar sendiri mendasarkan kekerabatan menurut garis keturunan dari ayah maupun garis keturunan dari ibu atau bisa disebut bilateral. Serta didalam masyarakat banjar juga memiliki istilah "Bubuhan", yang dimaksud dari bubuhan ini sendiri ialah kelompok kekerabatan yang merupakan kumpulan dari keluarga batih yang merupakan satu kesatuan.Bentuk dari kelompok bubuhan ini memiliki beberapa unsur atau salah satu cirinya yaitu:

1. Adanya satu orang yang ditokohkan dalam kelompok bubuhan ini.
2. Adanya suatu sistem hak dan interaksi serta kewajiban dari warga bubuhan.
3. Aktivitas berkumpul warga kelompok bubuhan pada waktu tertentu.
4. Mempunyai suatu sistem norma yang mengatur kelakuan warga kelompok.
5. Mempunyai rasa kepribadian kelompok yang didasari rasa kesadaran oleh semua warganya.

Bubuhan ini yang menurut pengertian sosiologi adalah keluarga besar, yaitu yang terdiri dari dua keluarga batih atau lebih yang masih mempunyai hubungan keturunan satu sama lain, baik dari garis keturunan ayah maupun garis keturunan ibu. Serta kultur budaya yang berkembang didaerahb saya sangat bhanyak hubungannya dengan sungai, rawa, dan danau, disamping pegunungan. Kebutuhan hidup mereka yang mendiami wilayah daerah ini dengan memanfaatkan alam lingkungan sekitar sesuai budaya yang telah lama dibawa oloeh nenek moyang. Hampir segenap kehidupan mereka religius dan mayoritas penduduknya juga memeluk agama islam.

Bahasa yang digunakan didaerah saya adalah bahasa daerah, yang biasa disebut bahasa Banjar yang memiliki dua dialek besar, yaitu dialek banjar kalua dan dialek banjar hulu.

Makanan khas sendiri dari daerah saya cukup banyak tapi yang terkenal atau yang lebih familiar ialah Soto banjar.

Soto banjar ini sebenarnya sama dengan soto-soto didaerah lain, hanya bedanya terdapat di kuah karena kuah soto banjar ini lebih bening daripada kuah soto daerah lain dan banyak campuran rempah-rempah khas daerah Banjar sendiri, selebihnya isi bahannya sama dengan soto lain yang juga terdapat lontong, irisan telor, ayam, bawang. Soto ini lebih enak lagi kalau ditambahkan jeruk limau nipis. Dan kalau sudah sekali nyoba pasti bakal ketagihan dehhh....


Selain soto banjar, didaerah saya masih banyak memiliki makanan khas lainnya yaitu ketupatr kandangan, manday, iwak haruan, patin bakar baubar, iwak basamu, sayur gangan humbut, dan banyak lagi. Jadi kalo mampir ke daerah saya jangan lupa cicipi semua makanan khas daerahnya, sekali mencoba pasti rasanya gak mau pulang.

Terakhir dari daerah saya memiliki beberapa ciri khas yaitu memiliki sungai ditengah kota, serta terdapat pengrajin batu intann permata, batu bumi, dan yang paling terkenal adalah batu akik pastinya. Kurang puas rasanya kalau pulang tidak membawa oleh-oleh khas daerah saya.

BATU AKIK RED BORNEO
Itulah beberapa penjelasan tentang keanekaragaman yang dimiliiki didaerah saya dari budaya, makanan khas, hingga ciri khas lainnya. Sekian dari saya semoga informasi yang saya berikan ini bermanfat bagi semua orang dan kalau ada kata-kata yang kurang pas serta informasi yang kurang jelas mohon dimengerti. Terima kasih.

Untuk info lebih lanjut mengenai daerah provinsi Kalimantan selatan bisa cek dan join Instagram kami:
@banjarinfo
@explorebanjar
@instabanjar
@instanusantarabanjar
Jangan lupa juga sertakan hastag #explorebanjar jika kamu ngeuploud foto yang menyertakan tempat dan lokasi dan daerah kami,terima kasih..



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 MuhammadNanda. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates WP by Wpthemescreator